nusakini.com--Sekretaris Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Dwi Wahyu Atmaji mendorong pelayanan publik di Kementerian PANRB untuk lebih baik.

Pasalnya, tiap harinya banyak tamu dari berbagai kalangan yang mendatangi kantor tersebut. KemenPANRB memiliki banyak stakeholder, terutama para aparatur sipil negara dari seluruh pelosok Indonesia yang pada umumnya melakukan konsolidasi mengenai penguatan kapasitas aparatur sipil negara dan kebijakan reformasi birokrasi di seluruh aspek akuntabilitas tata kelola pemerintah, kelembagaan dan tata laksana, serta pelayanan publik. 

"Siapapun yang datang, harus diterima dengan keramahan yang sebaik-baiknya," ujar Dwi Wahyu Atmaji saat reform corner ke-32 di Kantor Kementerian PANRB, Rabu (15/03). 

Seperti yang dikatakan Menteri PANRB Asman Abnur di setiap pidatonya, bahwa Aparatur Sipil Negara (ASN) harus memiliki jiwa hospitality. Sikap ini dapat menentukan kesan yang mendalam dalam praktik pelayanan publik, mengingat kesan pertama seringkali akan menentukan rasa senang atau tidak senang pengguna layanan pada layanan berikutnya. 

Sesmen PANRB berharap seluruh pegawai Kementerian PANRB memiliki jiwa hospitality dan benar-benar menjadi budaya. Terutama bagi yang berada pada front liner. Mereka merupakan kesan awal yang mencerminkan citra instansi. 

Selain itu, alur dalam pelayanan juga harus jelas. "Memastikan tamu yang datang disalurkan ke jurusan yang diharapkan. Dan juga ada kepastian berapa lama untuk menunggu," imbuh Sesmen PANRB. 

Reform Corner merupakan sebuah kegiatan rutin bagi para pegawai Kementerian PANRB yang diadakan setiap bulannya untuk membahas program kegiatan KemenPANRB serta sosialisasi kebijakan yang diimplementasikan oleh seluruh pejabat serta staf KemenPANRB. (p/ab)